grafis bencana (1)
foto: inh.or.id

News INH, Bogor – Puluhan bencana alam terkait hujan bermunculan di Jawa Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mendata pada 3-7 Februari 2021 terjadi 27 bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan gerakan tanah. Lokasinya tersebar dari Bogor sampai Majalengka.

Beberapa kejadian tanah longsor seperti di Dusun Cimerta RW 08 Kelurahan Pasir Karembi, Kecamatan Subang, di Kabupaten Subang, menimpa sebuah rumah, Ahad, 7 Februari 2021 setelah hujan berintensitas tinggi.

Tanah longsor di hari yang sama terjadi di Bogor, Padalarang, dan Sumedang. Masing-masing sebuah rumah di tiga daerah itu rusak sedang hingga berat. Sementara di Cianjur longsoran tanah sempat menutup akses jalan Puncak Ciloto sepanjang 5 meter dan lebar mencapai 20 meter. Adapun di Purwakarta terjadi pergerakan tanah yang membuat dua rumah warga Kampung Cirangkong rusak berat pada Sabtu, 6 Februari 2021.

Pada hari itu juga terjadi angin kencang di Desa Tamansari, Kabupaten Bekasi, yang merusak sebuah rumah. Sebelumnya pada 3 Februari, angin kencang di Kampung Cipambuan, Kabupaten Bogor, mengakibatkan bangunan Yayasan Rumah Pintar ambruk pada bagian penyangga atap. Angin kencang ikut membuat 21 rumah rusak ringan di sebuah kompleks di Kota Bekasi pada Ahad tengah malam, 7 Februari 2021.

Banjir meluas pada 6 Februari 2021 terjadi di Kabupaten Bekasi yang berdampak pada 1.343 rumah, juga di lima kecamatan Kota Bekasi. Sehari kemudian melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Karawang, lima desa di Kabupaten Majalengka. Banjir pun merendam 170 rumah hingga sekitar 3 meter di Desa Ujungjaya. Kabupaten Sumedang.

Mari berdoa untuk diri kita, saudara kita dan negeri kita.

“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmar di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya, Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Donasi kebencanaan tanah air:

dapat melakukan transfer rekening:

BNI SYARIAH: 0731111336
BSM : 7120520355
BRI Syariah: 1045442458
a.n International Networking for Humanitarian

Konfirmasi transfer SMS/WA (087731111336)

Sumber berita: Tempo
Persembahan: International Networking for Humanitarian (INH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *