Presiden Paletina Mahmoud Abbas dan Presiden Israel Isaac Herzog  ist
Foto: Presiden Paletina Mahmoud Abbas dan Presiden Israel Isaac Herzog ist. (inh.or.id)

News INH, YERUSALEM – Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Presiden Israel Isaac Herzog berkomunikasi di tengah ketegangan antara kedua negara tersebut. Melalui telepon, Isaac mengucapkan selamat atas perayaan Idul Adha kepada Abbas. Keduanya berbicara lewat telepon pada Senin (19/7/2021) kemarin waktu setempat.

Perbincangan kedua tokoh ini dilaporkan oleh media lokal Israel, The Times of Israel dan kantor berita resmi Palestina, WAFA.

Sementara itu, percakapan telepon antara Abbas dan Herzog ini merupakan yang kedua kali dalam delapan hari terakhir. Pekan lalu, Abbas menghubungi Herzog untuk mengucapkan selamat setelah dia terpilih menjadi Presiden ke-11 Israel.

Baca Juga:

Dor…!!! Dua Roket dari Lebanon Hantam Israel

Dalam percakapan telepon pekan lalu, Herzog berterima kasih kepada Abbas dan menyampaikan harapannya untuk mempertahankan komunikasi reguler antara mereka.

“Untuk memajukan hubungan dan harapan perdamaian antara kedua negara yang bertetangga,” sebut Herzog saat itu.

Tak hanya Presiden Israel, Menhan Israel Benny Gantz juga melakukan komuniasai dengan Presiden Palestina dalam perbincangan via telepon dengan Abbas pada awal pekan ini. Gantz dan Abbas menyepakati adanya kebutuhan untuk melakukan langkah-langkah membangun kepercayaan antara Israel dan Palestina.

“Diskusinya berjalan positif dan keduanya menyebutkan perlunya untuk memajukan langkah-langkah membangun kepercayaan antara Israel dan Otoritas Palestina, yang akan menguntungkan perekonomian dan keamanan seluruh kawasan,” demikian pernyataan kantor Menhan Israel.

Baca Juga:

INH Sebar Ratusan Qurban Di Enam Negara

Disebutkan juga bahwa Gantz mengucapkan selamat Idul Adha kepada Abbas dalam percakapan telepon itu. The Times of Israel melaporkan bahwa percakapan telepon antara Gantz dan Abbas ini menjadi percakapan pertama antara seorang menteri Israel dengan seorang pemimpin Palestina dalam empat tahun terakhir.

Pejabat senior Israel terakhir yang berbicara dengan Abbas adalah Netanyahu saat masih menjabat Perdana Menteri (PM) Israel tahun 2017 lalu.

Percakapan telepon antara para pejabat Israel dengan Presiden Palestina ini terjadi di tengah ketegangan baru di kompleks Masjid Al-Aqsa. Warga Palestina marah atas masuknya sekitar 1.700 warga Yahudi ke kompleks Al Haram Al-Sharif pada Minggu (18/7/2021) pekan lalu untuk memperingati hari Tisha B’Av.

Kompleks Al Haram Al-Sharif yang menjadi lokasi Masjid Al-Aqsa, juga disucikan oleh warga Yahudi yang menyebutnya sebagai Temple Mount dan diyakini menjadi lokasi dua kuil Yahudi pada era-Alkitab.

Rekaman video menunjukkan warga Yahudi berdoa di kompleks suci itu, padahal mereka melanggar status quo sejak lama yang melarang warga Yahudi berdoa di sana.

 

 

Source: Berbagai Sumber / Naqsyabandi Ahmad Revolusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *