News INH, GAZA – Kelompok Hamas menyerukan komunitas internasional meningkatkan tekanan pada Israel guna mengakhiri blokadenya terhadap Jalur Gaza. Blokade yang telah berlangsung selama 14 tahun telah menyebabkan krisis kemanusiaan di wilayah tersebut.

“Kami menyerukan semua untuk memikul tanggung jawab mereka dan menekan pendudukan (Israel) guna mengakhiri blokade yang tidak adil,” kata juru bicara Hamas Fawzi Barhoum pada Ahad (29/8), dikutip laman Middle East Monitor.

Menurutnya, Israel bertanggung jawab atas krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza. Dia menekankan, ketenangan, dan stabilitas tidak akan terwujud selama rakyat Palestina tak memiliki kehidupan yang bebas serta bermartabat. “Rakyat Palestina tidak akan menerima kebijakan Israel atau kompromi hak-hak nasional mereka,” ujar Barhoum.

Baca Juga : Israel Kembali Luncurkan Serangan Udara ke Gaza

Israel mengatakan tidak akan mengizinkan masuknya bahan bangunan ke Gaza, kecuali Hamas, selaku pemimpin wilayah tersebut, membebaskan tentara Israel yang mereka tahan. Hamas telah menolak syarat tersebut. Mereka menuntut pertukaran tahanan.

Gaza dihuni dua juta penduduk. Selain blokade, pertempuran yang masih terjadi secara sporadis antara Hamas dan Israel telah menyebabkan kehidupan warga di sana kian terpuruk. PBB telah menyebut krisis kemanusiaan di sana sebagai salah satu krisis terburuk di dunia.

Sumber : Middle East Monitor/ Naqsyabandi Ahmad Revolusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *