INH-Salurkan-Bantuan-Korban-Banjir-Bandang-Sukabumi
Foto: Ketua Relawan SHARE INH (kedua sebelah kiri) dan Tim Posko Bantuan Pusat Penyerahan beberapa bantuan berupa makanan siap saji dan barang-barang kebutuhan balita untuk korban bencana alam. Kamis/ 09/24/2020 (M Shidiq/inh.or.id)

INH News, SUKABUMI – Bencana alam berupa banjir bandang yang terjadi di Kampung Cibuntu, Desa Pesawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Senin (21/09/2020) kemarin banyak mengundang rasa empati dari berbagai kalangan. Salah satunya lembaga kemanusian Internasional Networking for Humanitarian (INH).

Melalui organ sayapnya Sahabat Relawan (Share) INH bekerja sama dengan badan kedaruratan Ukhuwah Al Fatah Rescue (UAR) mengirimkan beberapa bantuan berupa makanan siap saji dan barang-barang kebutuhan balita yang menjadi korban bencana alam tersebut.

“Alhamdulillah, meski tidak terlalu banyak bantuan yang kami bawa semoga bisa bermanfaat untuk korban yang terdampak,” ujar Supriyanto Ketua Share INH.

Menurutnya, bantuan yang dikirim berupa mie instan, biskuit, kebutuhan balita seperti pempers dan susu, deterjen dan makanan siap saji lainya.

“Karena di masa pendemi ini, kami juga membawa bantuan berupa masker baik untuk korban maupun relawan yang bertugas di posko peduli bencana, tujuanya ya untuk mengkampanyekan hidup sehat sesuai protokol kesehatan,” tambahnya.

BACA JUGA: Ketahanan Pangan di Gaza Memburuk

Dari sumber Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyebut 428 jiwa terkena dampak banjir bandang di 12 desa di tiga kecamatan di Sukabumi. Sejumlah warga pun masih mengungsi karena rumah milik mereka rusak diterjang banjir bandang.

Banjir bandang yang diakibatkan meluapnya anak Sungai Cicatih tersebut juga memiliki tingkat kerusakan kecil hingga berat. Di Kecamatan Cicurug, terdapat lima desa yang terdampak yaitu, Desa Cisaat, Pasawahan, Cicurug, Mekarsari, dan Bangbayang.

Kemudian, lima desa di Kecamatan Cidahu yang terdampak ialah Desa Babakan Sari, Pondokkaso Tengah, Pondokkaso Tonggoh, Jaya Bakti, dan Cidahu. Sedangkan di Kecamatan Parungkuda terdapat dua desa, yaitu Desa Langensari dan Kompa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *