news-inh-Martin_Griffiths
Foto: RMOL.id

News INH, ANKARA – Utusan khusus AS Timothy Lenderking untuk Yaman mendesak pihak-pihak yang bertikai di sana untuk memastikan perdamaian selama bulan suci Ramadhan.

“Kami menyerukan kepada para pihak untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk perdamaian, sehingga kami dapat mulai mengakhiri penderitaan,” kata Timothy Lenderking di akun Twitternya, Rabu (14/4/2021) kemarin.

“Kami tahu penderitaan di Yaman semakin sulit selama bulan suci ini,” katanya saat memberi selamat kepada salah seorang warga Yaman.

Pimpinan PBB Desak Gencatan Senjata di Yaman Selama Ramadan
Foto: VOAindonesia

Sementara itu, Utusan khusus PBB untuk Yaman pada Selasa kemarinjuga mendesak pihak-pihak yang bertikai di negara itu untuk berusaha memastikan “perdamaian abadi dan berkelanjutan” selama Ramadhan berlangsung.

“Saya menyerukan kepada semua pihak untuk membungkam senjata dan mengizinkan warga Yaman untuk merayakan bulan suci untiuk umat muslim dengan aman dan bermartabat,” kata Martin Griffiths dalam pesan Ramadhan.

BACA JUGA: Momentum Ramadhan Untuk Doa Perdamaian

Yaman telah dilanda kekerasan dan kekacauan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sana’a. Krisis meningkat pada tahun 2015 ketika koalisi pimpinan Saudi meluncurkan kampanye udara yang bertujuan untuk menggulung kembali keuntungan teritorial Houthi.

Menurut perkiraan PBB, konflik di Yaman telah merenggut nyawa sedikitnya 233.000 orang, dengan jutaan lainnya menghadapi kelaparan dan membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Sumber : Anadolu Agency

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *