INH-COVID-19
Achmad Yurianto selaku Jubir tim Gugus Percepatan Penanganan Corona Disease 2019 (Covid-19) / CNN

Pemerintah melalui tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Disease 2019 (Covid-19) menyatakan sejak ditetapkannya virus tersebut sebagai pandemi global, maka Indonesia mengategorikan penyakit ini sebagai bencana non alam.

Karenanya, kepala BNPB, Doni Munardo, menyerukan perlunya para kepala daerah membentuk satuan gugus yang fokus pada penanganan Covid-19.

Selain kepala daerah, Doni juga menyerukan unsur masyarakat untuk ikut pula terlibat agar penanganan terhadap mereka yang terdampak bisa dipercepat, sehingga bisa lebih cepat pula memutus rantai penularan.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga Sabtu, infeksi virus corona di Indonesia sudah mencapai 96 kasus. Dari keseluruhan angka tersebut, 8 di antaranya dinyatakan sembuh, sementara 5 lainnya meninggal dunia, CNN melaporkan.

Achmad Yurianto selaku Jubir tim Gugus tersebut menegaskan saat ini perlu juga menekankan perhatian untuk menjaga kesehatan bagi warga yang tidak terjangkiti, agar memutus rantai penularan dengan lebih baik.

Daerah yang terkena wabah corona antara lain Jakarta, Bandung, Tangerang, Solo, Bali, Manado, Yogyakarta, hingga Pontianak. (INH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *