Sejumlah-Daerah-Persiapkan-Upaya-Mitigasi-Bencana-Tsunami
Foto: Simulasi Banjir (M Shidiq/inh.or.id)

INH News, Bogor Beberapa daerah tengah menyiapkan upaya mitigasi bencana setelah munculnya laporan mengenai potensi tsunami setinggi 20 meter yang bisa melanda selatan pulau Jawa.

Hal tersebut telah dilakukan Pemkab Lumajang dengan memasang sejumlah papan nama peringatan tsunami dan jalur evakuasi di wilayah rawan bencana tsunami bahkan sebelum riset tersebut keluar.

Sebagaimana dilaporkan Kompas, salah satu wilayah rawan terjadinya tsunami adalah pantai Dampar Desa Bades, Kecamatan Pasirian. Petugas BPBD Kabupaten Lumajang telah memasang papan peringatan dan jalur evakuasi di sejumlah titik di tempat tersebut.

BACA JUGA: INH Sebar Puluhan Paket Bantuan untuk Kalimantan Barat

BACA JUGA: INH Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Sukabumi

Selain Lumajang, baru-baru ini Banten juga melakukan upaya mitigasi untuk warga Banten yang rawan terdampak tsunami di pesisir selatan.

Dilaporkan Kompas, Pemerintah Provinsi Banten bersama kabupaten/kota sudah melakukan simulasi, menyiapkan lokasi titik kumpul, dan jalur evakuasi di sepanjang pesisir Banten. Semoga upaya serupa segera masif dilakukan daerah lain sebagai bentuk persiapan menghadapi bencana yang tidak terduga di kemudian hari, baik gempa maupun tsunami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *