Ilustrasi nuklir Iran (AFP)
Ilustrasi nuklir Iran (AFP) inh.or.id

News INH, YERUSALEM – Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dalam upacara yang diadakan di pangkalan militer dekat Tel Aviv, baru-baru ini mengakui jika saat ini ancaman terbesar yang kita hadapi adalah persenjataan nuklir Iran.

“Ancaman terbesar yang kita hadapi adalah persenjataan nuklir Iran. Kita tidak punya pilihan selain meningkatkan kekuatan kita,” kata Gantz seperti dikutip dari berita surat kabar Yedioth Ahronoth Israel. Rabu (14/7/2021).

Lebih lanjut, Gantz, saat ini Israel tengah menghadapi beberapa kesulitan dan Timur Tengah telah mengalami perubahan radikal, Gantz mencatat tantangan ini sebagai disintegrasi Lebanon, ancaman dari Suriah dan peran Iran dalam peristiwa ini.

Baca Juga:

Senjata Makan Tuan, ‘Iron Dome’ Israel Hantam Pesawat F-15 Miliknya

Sebagai informasi tambahan, sebuah perjanjian ditandatangani antara Iran dan AS, Cina, Prancis, Jerman, Rusia dan Inggris pada tahun 2015 silam, di mana kegiatan nuklir Teheran diatur dan dikendalikan dengan imbalan pencabutan sanksi internasional.

Mantan Presiden AS Donald Trump menarik diri dari perjanjian pada 2018, sementara pemerintahan Joe Biden memulai negosiasi pada April di Wina, ibu kota Austria, untuk memasukkan kembali AS ke dalam perjanjian tersebut.

Pemerintah Israel, di sisi lain, menginginkan sanksi yang dikenakan pada Iran selama pemerintahan Trump untuk melanjutkan dan tidak kembali ke perjanjian nuklir 2015.

 

 

Sumber : YA / Naqsyabandi Ahmad Revolusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *