Anggota PBB menggekar rapat darurat terkait ketenangan Israel dan Iran. Fotoist
Foto: Anggota PBB menggekar rapat darurat terkait ketenangan Israel dan Iran. Foto/ist ( inh.or.id )

News INH, NEW YORK – Pasca serangan terhadap kapal tengker Narcer Street di Laut Arab,  Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB meminta Iran dan Israel untuk menghindari tindakan apa pun yang dapat meningkatkan ketegangan di Timur Tengah .Imbauan itu dikeluarkan juru bicara PBB Stephane Dujarric dalam konferensi pers, di New York, Amerika Serikat.

“Yang penting bagi semua pihak yang terlibat atau tertarik dalam hal ini untuk menghindari tindakan eskalasi atau retorika yang dapat memperburuk situasi tegang,” kata Dujarric seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (6/8/2021).

Sementara itu,Dewan Keamanan PBB akan melakukan pertemuan guna membahas serangan tersebut. Inggris akan menggunakan pertemuan itu untuk meningkatkan tekanan, meskipun badan yang beranggotakan 15 negara itu diperkirakan tidak akan mengambil tindakan apa pun.

Pada Selasa lalu, Inggris mengatakan kepada DK PBB “sangat mungkin” Iran menggunakan satu atau lebih pesawat tak berawak untuk melakukan serangan kapal tanker yang menewaskan dua anggota awaknya seorang warga Inggris dan seorang Rumania.

Baca Juga:

Haaretz: Israel Tutupi Kejahatan Perang di Gaza

“Ada banyak informasi yang saling bertentangan. Analisis ‘sangat mungkin’, yang kami tolak sepenuhnya. Kami perlu menetapkan fakta, kami tidak perlu terburu-buru mengambil kesimpulan atau tindakan apa pun tanpa memiliki bukti atas apa yang telah terjadi,” ucap deputi Duta Besar Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy seperti dikutip dari Reuters.

Pada hari Minggu Amerika Serikat (AS) dan Inggris mengatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan sekutu mereka untuk menanggapi serangan itu.

“Kami akan melakukan yang diperlukan untuk memastikan bahwa ada akuntabilitas dalam hal ini dan bahwa Iran diidentifikasi dan ditangani di Dewan Keamanan,” kata Duta Besar AS Linda Thomas-Greenfield.

Sebelumnya, Israel memperingatkan pihaknya siap untuk menyerang Iran atas dugaan serangan terhadap kapal tanker itu di lepas pantai Oman untuk meminta pertanggungjawabannya.

Teheran sendiri membantah terlibat dalam serangan terhadap Mercer Street, sebuah kapal tanker produk minyak milik Jepang berbendera Liberia yang dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel.

 

 

Sumber : BerbagaiMedia / Naqsyabandi Ahmad Revolusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *