Protes Warga Gaza, Palestina terkait kebijakan Israel soal pelamnggaran administrasi ist
Protes Warga Gaza, Palestina terkait kebijakan Israel soal pelamnggaran administrasi ist. (inh.or.id)

News INH, GAZA – Puluhan warga Palestina yang tergabung dalam barisan perjuangan laestina atau Hamas menggelar demonstrasi di Jalur Gaza untuk memprotes kebijakan penahanan administratif Israel terhadap tahanan Palestina, Senin (12/7/2021) kemarin di depan kantor Momite Internasional Untuk Palang Merah (ICRC).

Dengan membentangkan puluhan panduk, para demonstran membawa menuntut pembebasan tahanan Palestina yang ditahan oleh polisi Israel.

Juru bicara Hamas Iyad Abu Fnun dalam orasinya menyatakan, praktik penahanan administratif dan penyalahgunaan tahanan adalah ilegal dan melanggar hak asasi kemanusian.

Baca Juga:

Tentara Israel Tembak 6 Warga Palestina

“Kami akan terus melakukan protes, sampai tuntutan kami dipenuhi, bebaskan semua warga Palestina yang ditahan tanpa pengadilan dan pelanggaran,” tegasnya.

Dia menyerukan masyarakat dunia untuk menekan Israel untuk membebaskan orang-orang Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel. Kebijakan penahanan administratif memungkinkan pihak berwenang Israel untuk memperpanjang penahanan seorang tahanan tanpa tuduhan atau pengadilan.

“Israel secara terang-terangan melanggar hukum internasional dan konvensi hak asasi manusia dengan menahan anggota parlemen Palestina dan menerapkan [kebijakan] penahanan administratif,” ujar anggota parlemen dari Hamas Mohammad al-Ghoul.

Ada sekitar 5.300 tahanan Palestina di penjara Israel, termasuk 520 tahanan administratif, menurut lembaga yang menangani urusan tahanan.

Sumber : GM / Naqsyabandi Ahmad Revolusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *