rilis-inh-uah-news-MUI
Foto: Dari kanan KH. Anwar Abbas Waketum MUI Pusat, KH Amirsyah Tambunan Sekjen MUI, Mr Zuhair Al Shun Dubes Palestina untuk Indonesia, Ustadz Adi Hidayat dan KH Muhyiddin Junaedi. (inh.or.id)

 

News INH, JAKARTA – Serangan udara zionis Israel ke Jalur Gaza selama sebelas hari baru-baru ini mendapat perhatian yang besar dari masyarakat Indonesia. Dukungan dan konten viral selama beberapa pekan ini dipenuhi dengan isu-isu seputaran Palestina, termasuk para influencer tanah air secara cepat menggalang donasi di berbagai platform penggalangan dana.

Salah satu penggalangan dana untuk Palestina yang cukup masif adalah yang dilakukan oleh ustadz kondang Adi Hidayat yang merupakan salah satu ulama terkemuka di tanah air yang tausiyahnya mendapat banyak pendengar atau penonton dari publik baik di Indonesia maupun luar negeri.

Sejak siaran live langsung bersama aktivis kemamusiaan di Jalur Gaza, Muhammad Husein, di channel Youtubnya Adi Hidayat Official berniat menyalurkan donasinya untuk membantu rakyat Palestina melalui lembaga yang didirikan Muhammad Husein yaitu International Networking for Humanitarian (INH).

Baca Juga:

-Gencatan Senjata Disepakati, Warga Gaza Turun Kejalan Rayakan Kemenangan

-INH Dirikan Dapur Darurat Untuk Korban Perang di Gaza Palestina

rilis-inh-uah-news
Disaksikan Sekjen MUI Pusat KH Amirsyah Tambunan dan Dubes Palestina untuk Indonesia Mr Zuhair Al Shun. Ustadz Adi Hidayat (UAH) salurkan donasi kemanusiaan kepada lembaga kemanusiaan Internasional Networking for Humanitarian (INH), Senin (24/5/2021)

 

“Alhamdulillah selama 6 hari kita open donasi kami dari Yayasan Mahad Islam Rafiah Akhyar (MIRA) berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 30.880.110.889.54 dari teman-teman, dan nanti akan kita salurkan langsung untuk saudara-saudara kita di Palestina, ” kata Ustadz Adi Hidayat atau yang biasa di sebut UAH saat menyerahkan donasinya di kantor Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) di Matraman, Jakarta, Senin (24/5/2021).

Sikap dan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan bangsa Palestina sudah sangat jelas seperti yang diatur dalam pembukaan UUU 1945. Dimana dalam teks tersebut dijelaskan Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa.

“Isi dalam landasan undang-undang kita juga sangat jelas bahwa kita diminta melaksanakan ketertiban dunia atas dasar itu kami memenui amanat undang-undang kita untuk memberikan kontribusi tolong menolong terhadap kemerdekaan Palestina, ” tegasnya.

Menurutnya ada tiga penyaluran bantuan yang dilakukan yayasan MIRA salah satunya dana sebesar USD 715.000 atau Rp 10.272.905.500 disalurkan langsung melalui lembaga kemanusiaan INH untuk kebutuhan mendesak saudar saudara kita di Jalur Gaza Palestina seperti logistik pangan, santunan korban syuhada, keluarga korban luka dan pembelian mobil ambulance, ” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur INH, Luqmanul Hakim mengatakan, dana kemanusiaan dari lembaga-lembaga untuk Palestina yang masuk melalui INH akan disalurkan seratus persen tanpa ada pemotongan donasi operasional sebagai bagian dari upaya ikhtiar yang maksimal dari tim relawan INH yang bekerja untuk Palestina.

Baca Juga: Gandeng Dubes Palestina, INH Serahkan Bantuan Kemanusiaan Korban Perang

 

rilis-inh-uah-news
Disaksikan Sekjen MUI Pusat KH Amirsyah Tambunan dan Dubes Palestina untuk Indonesia Mr Zuhair Al Shun. Ustadz Adi Hidayat (UAH) salurkan donasi kemanusiaan kepada lembaga kemanusiaan Internasional Networking for Humanitarian (INH), Senin (24/5/2021)

“Dana yang kami terima dari pada NGO maupun influencer yang menggalang dana dan disalurkan kepada kami, akan kami salurkan seratus persen tanpa potongan biaya operasional, untuk operasional kami memakai biaya kami sendiri,” kata Luqman.

Dana tersebut nantinya akan disalurkan untuk pembelian beberapa ambulan untuk rumah sakit-rumah sakit di Jalur Gaza, pasokan obat-obatan, logistik, bantuan tunai dan lainnya. Laporan donasi akan dikirimkan secara bertahap sesuai dengan penyalurkan yang dilakukan tim INH di Jalur Gaza yang merupakan warga Palestina sendiri dengan Muhammad Husein sebagai kordinator lapangan.

Hadir dalam acara penyaluran donasi ini di anatranya KH AnwarAbas Waketum MUI Pusat. Amiersyah Tambunan Sekjen MUI, Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun, KH Muhyiddin Junaedi dan beberapa perwakilan dari lembaga keuangan seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perwakilan dari pihak Perbankan.

Penulis : Tim Media INH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *